Tips Burung Murai Batu Macet Agar Cepat Gacor

Burung Murai Batu : Cara Memilih dan Tips Perawatan Umum

Tips Burung Murai Batu Macet Agar Cepat Gacor – Burung Murai Batu adalah salah satu burung yang terkenal dengan naman Burung Fighter atau burung petarung. Burung Murai Batu memiliki banyak sekali jenis dengan keunggulan masing-masing. Nah dibawah ini akan emnjelaskan cara membedakan antara Burung Murai Batu Jantan dengan Burung Murai Batu Betina.

Perbedaan Burung Murai Batu Jantan dengan Burung Murai Batu Betina

  • Untuk mengetahui perbedaan antara jantan dan betina sebenarnya cukup mudah. Pada Burung Murai dengan spesies sama, yang jantan akan memiliki bulu dengan warna mengkilat, jika warna hitam, maka hitam pekat kebiruan berkilau seperti hologram. Sedangkan untuk warna merah terlihat tajam dan kontras dengan warna disampingnya (hitam atau putih).
  • Ekor Burung Murai Jantan lebih panjang dibandingkan dengan Ekor Burung Murai Betina
  • Kicauan Burung Murai Jantan lebih bervariasi dibandingkan Burung Murai Betina

Tips Memilih Burung Murai Batu yang Baik dan Sehat

  1. Bagian Mata. Pilih Burung murai Batu yang matanya tidak ada kelainan atau katarak dengan selaput berwarna putih pada bola matanya. Hal ini diakrenakan jika mata Burung Murai Batu sudah terdapat katarak, maka kemungkinanya untuk buta sangat tinggi
  2. Bagian Ekor. Pilih Burung murai Batu yang memiliki ekor tidak terlalu tebal dan rapat dan jangan membeli Burung murai Batu yang belum memiliki ekor.
  3. Bagian Bulu Dada. Biasanya sebagian besar Burung Murai Batu memiliki warna coklat pada bulu dadanya. Namun, jika anda mendapatkan Burung murai Batu dengan warna kekuningan maka akan sangat keberuntung sekali, karena Burung Murai Batu dengan bulu dada kekuningan biasanya memiliki ciri mudah dalam berkicau dan merdu.
  4. Dilihat dari usia. Burung Murai Batu yang emmiliki usia muda (bakalan muda) memiliki ciri yaitu bulu berbintik warna coklat di sayap bagian luar dan sayap bagain dalam. Dan perlu diingat usia tidak hanya dilihat dari penampakan kaki saja. Warna kaki tidak menandakan kekuatan mental Burung Murai Batu.
  5. Bagian sayap. Sayap yang mengapit rapat dan kaki yang emmiliki cengkraman kuat menandakan bahwa Burung Murai Batu dalam keadaan sehat
  6. Dilihat perilakunya. Burung Murai Batu yang saat dipegang menjerit serta mematok-matokkan paruhnya pada tangan kita maka menandakan bahwa Burung Murai Batu memiliki mental yang kuat dan berani.
  7. Bagian Paruh. Paruh Burung Murai Batu yang baik ialah yang memiliki pankal lebar, besar, panjang dan tebal. Pada bagain bawah paruh Burung Murai Batu lurus dengan lubang hidung sedekat mungking dengan mata.
  8. Bagian Kepala. Pilih Burung Murai Batu yang memiliki kepala berbentuk kotak dengan mata bulat besar dan melotot. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bahwa Burung Murai Batu sudah siap untuk bertarung
  9. Dilihat dari postur badan. Badan Burung Murai Batu haruslah tegap dengan dada membusung dan panjang dengan leher panjang juga. Badan, ekor dan kaki seimbang atau serasi.
  10. Memiliki nafsu makan yang baik serya bergerak aktif

Hal yang Perlu Dilakukan Untuk Melatih Mental Kuat Burung Murai Batu

Saat Burung Murai Batu masih berusia muda (bakalan muda) perlu dilakuakn latihan yang rutin agar mentalnya terbentuk kuat dan berani sebelum mengikuti perlombaan. Tanpa adanya pelatihan maka akan menyebabkan Burung Murai Batu mentalnya drop dan berakhir macet bunyi dan stress. Saat memilihara Burung Murai Batu yang usianya masih muda maka harus diberikan perawatan yang benar dan rutin seperti pemberian pakan yang teratur, memperdengarkan suara Burung Murai Batu masteran disamping Burung Murai Batu yang amsih muda. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mental Burung Murai Batu yang masih muda dapat mempersiapkan mental agar kuat dan berani nantinya. Berikut ini beberapa tahap yang harus dilakukan untuk melatih mental Burung Murai Batu :

  1. Pada Minggu Pertama : Sangkar Burung Murai Batu dikerodong dengan diiringi suara masteran Burung Murai Batu yang lain.
  2. Pada Minggu Ke dua : Setelah Burung Murai Batu diperdengarkan suara burung masteran dan mampu merespon atau membalas kicauanya, maka bisa dilanjutkan lagi dengan memperdengarkan suara asli Burung Murai Batu yang lain tapi dengan sangkar tetap ditutup kerodong
  3. Pada Minggu Ke tiga : Masih sama dengan minggu kedua, sangkar tetap ditutup kerodong namun Burung Murai Batu yang tadi digunakan untuk amsteran letaknya didekatkan lagi kurang lebih 2 meter dari sangkar. Jika Burung Murai Batu masih tetap merespon dengan baik, maka buka kerodong sangkar 1/3 dari bawah.
  4. Pada Minggu Ke empat : Lebih dekatkan kembali Burung Murai Batu masteran ke sangkar burung. Kemudian buka kerodong sangkar Burung Murai Batu sampai setengahnya
  5. Pada Minggu Ke lima : Sama dengan Minggu Ke empat dengan membuka kerodong sangkar 2/3.
  6. Pada Minggu Ke Enam : minggu terakhir dalam melatih mental Burung Murai Batu, jika saat diperdengarkan masteran responya masih baik dan sengit, buka seluruh kerodong sangkar Burung Murai Batu. Hal ini berarti Burung Murai Batu Anda sudah siap untuk bertarung di perlombaan.

Tips Perawatan Burung Murai Batu Saat Mabung

Mabung atau sering dikenal dengan perontokan bulu pada Burung Murai Batu merupakan hal yang wajar dalam masa hidupnya. Akan tetapi saat mabung terjadi haruslah disertai perawatan yang terbaik agar keadaan nya tidak semakin parah. Diketahui saat mabung atau moulting ini sistem metabolisme Burung Murai Batu meningkat sampai 40 % dari biasanya, sehingga tentunya Burung Murai Batu memerlukan asupan pakan yang elbih banyak dengan gizi yang tinggi pula. Pada saat proses mabung berlangsung, jangan pertemukan Burung Murai Batu dengan jenis Burung Murai Batu lainya yang menyebabkan proses mabung terhambat.

Dampak yang ditimbulkan saat proses mabung ini terjadi ialah terjadi ketidakseimbangan hormon pada Burung Murai Batu, hal ini akan erat juga kaitanya dengan sistem reproduksinya. Saat fase mabung ini, bulu yang rontok akan digantikan selama masa mabung berlangsung dan ini membutuhkan 25 % protein yang ada di tubuh Burung Murai Batu. Oleh karena itu saat masa mabung terjadi, konsumsi pakan yang emngandung protein tinggi juga harus ditambahkan sebeasr ¼ total protein yang ada di dalam tubuh Burung Murai Batu.

Factor yang mempengaruhi keberhasilan burung saat mabung ialah umur, musim dimana saat mabung, kondisi cuaca, tingkat hormone dan siklus perkembangbiakanya. Namun selain itu semua, factor utama ialah asupan makanan yang bernutrisi tinggi sehingga bulu-bulu baru yang tumbuh akan sempurna seperti yang diinginkan. Karena terdapat ebberapa kasus dimana setelah mabung, bulu-bulu yang timbul tidak merata dan bahkan ada bulu yang tidak rontok.

Macam – macam Gangguan yang Menyerang Burung Murai Batu

  1. Penyakit : Penyakit pada Burung Murai Batu biasanya disebabkan oleh serangan virus yang disebut circovirus (Beak and Feather Disease) serta virus polyoma dimana kedua virus ini menyebabkan burung sulit untuk memproduksi bulu. Ada juga virus yang menyerang sistem pencernaan Burung Murai Batu yaitu virus Psittacosis kronis yang menyebabkan burung sulit untuk tumbuh dan berkembang.
  2. Gizi Buruk : gizi buruk sangatlah berbahaya bagi tumbuh kembang Burung Murai Batu, gizi buruk yaitu asupan gizi tidak normal akan menyebabkan bulu tidak tumbuh secara normal, bulu mudah rontok dan kusam.
  3. Kimiawi : hal ini disebabkan oleh penggunaan bahan kimia yang emnyebabkan bulu tidak bisa tumbuh dengan sempurna dan bahkan justru emnyebabkan bulu rusak.
  4. Stress : kondisi ini bisa terjadi pada burung yang saat pemberian makanya langsung menggunakan tangan manusia, nah tangan manusia ini akn berpengaruh terhadap kestabilan mental Burung Murai Batu yang amna nantinya bulunya tidak bisa tumbuh dengan sempurna.

 

Untuk Informasi Lebih Lanjut Mengenai Burung Murai Batu dapat Menghubungi kami di :

https://vitaminjawara.com/

Leave A Comment

Your email address will not be published.

Open chat
1
Halo Selamat datang kicaumania!! belum menemukan solusi? chat saya dan bantu saya memahami kebutuhan anda.

Nikmati kemudahan membeli formula sakti saya dengan metode COD (bayar di rumah). Segera balas chat ini...