8 Cara Perawatan Umum Burung Murai Batu

Burung Murai : Cara Perawatan Umum dan Perlombaan

8 Cara Perawatan Umum Burung Murai BatuSeperti yang kita ketahui bersama bahwa memiliki hewan peliharaan tidaklah mudah, perlu perawatan khusus agar hewan peliharaan kita dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Nah kali ini yang akan dibahas ialah tentang tcara perawatan Burung murai yang mudah agar bisa terhindar dari berbagai serangan penyakit sehingga mampu tumbuh dan berkembang dengan baik. Burung Murai memiliki ciri khas yaitu oenampilan fisiknya yang sangat cantik, Burung murai memiliki ekor yang panjang serta kicauan yang merdu dan bervariasi. Bahkan saat Burung murai sudah gacor maka harga yang ditawarkan pun akan sangat tinggi. Akan tetapi perawatan Burung murai tidaklah mudah, namun dibawah ini terdapat beberapa tips merawat Burung Murai :

  1. Melakukan Proses Pengembunan pada Burung Murai

Proses pengembunan burung yang dimaksud ialah mengangin-anginkan burung Murai saat pagi hari di luar rumah selama kurang lebih 30 menit. Tujuan dari kegiatan ini ialah agar burung murai mampu menyesuaikan diri ndengan lingkungan sekitarnya.

  1. Rutin Memandikan Burung Murai

Kegiatan memandikan Burung Murai dalah hal yang wajib dilakuakn saat merawat Burung murai. Tujuannya adalah untuk menjaga kebersihan dari Burung Murai sehingga penyakit tidak mudah menyerang. Memandikan Burung murai bisa dengan menyemprotkan air dengan tidak terlalu keras pada Burung Murai saat berada di dalam kurungan. Saat memandikan Burung murai jangan terlalu lama.

  1. Menjaga Kebersihan Sangkar Burung Murai

Selain kebersihan Burung murai yang harus dijaga, kebersihan kandang juga harus selalu dijaga. Kandang yang bersih akan nyaman dan sehat bagi tempat tinggal Burung Murai. Sangkar burung Murai yang kotor akan menimbulkan penyakit bagi burung Murai. Pembersihan sangkar atau kandang bisa dilakukan dengan selalu membuang kotoran Burung dan rutin mengganti air minum Burung Murai setiap harinya.

  1. Pemberian Makan secara Tepat

Pemberian makan secara tepat dan teratur merupakan syarat utama dalam perawatan Burung Murai. Pemberian pakan harus dilakuakn setiap hari setelah dimandikan. Jenis makanan yangs erring diberikan pada Burung Murai ialah jangkrik, sekali makan Burung Murai bisa diberi 4-5 ekor jangkrik sebanyak dua kali sehari pagi dan sore. Tips memberikan makan pada Burung Murai ialah :

  • Letakkan pakan jauh dari posisi burung, agar burung mau bergerak untuk mengambil makananya
  • Berikan variasi pakan pada Burung mura, bisa kroto, cacing dalam 1 minggu sekali
  • Memberikan asupan multivitamin 2 kali dalam seminggu agar meningkatkan kesehatan, kekuatan dan kicauan burung dapat lebih merdu.
  • Memperhatikan kebutuhan vitamin dan mineral pada pakan Burung Murai
  1. Menjemur Burung Murai

Kegiatan menjemur Burung Murai sangatlah penting, penjemuran Burung murai bisa dilakuakan selama kurang lebih 2 jam per hari. Namun saat dijemur, yang perlu diperhatikan ialah menjauhkan jenis burung lainya atau burung murai yang lain berada di dekat Burung Murai.

  1. Melakukan Pemasteran Burung

Kegiatan pemasteran burung bertujuan untuk mendapatkan kicauan burung dengan suara indah dan merdu. Kegiatan ini dilakukan dengan memperdengarkan suara burung masteran selama 15-20 menit di dekat Burung murai kita. Waktu yang paling baik untuk emlakukan pemasteran ialah pukul 10.00 – 16.00, hal ini dikarenakan pada jam tersebut burung lebih mudah dalam merekam dan menangkap audio suara yang dia dengar.

  1. Mengetahui karakter dari Burung murai

Sebenarnya setiap burung memiliki karakter dan sifat berbeda-beda. Meskipun berada dalam satu jenis, missal Burung Murai namu sifatnya pun tentu berbeda-beda, selera makan nya juga berbeda-beda. Oleh karena itu perlu mengetahui lebih dahulu karakter burung yang dipelihara.

  1. Menciptakan tempat tinggal burung yang nyaman seperti habitat aslinya

Burung Murai akan lebih cepat gacor saat hidup di lingkungan aslinya, oleh karena itu saat dipelihara harus membuat lingkungan hidup Burung Murai seperti habitat aslinya. Hal itu dapat dilakukan dengan menambahkan ranting pohon pada sangakrnya atau membawa burung Murai ke tempat yang asri dan banyak pohonya sehingga burun Murai tidak mudah stress.

Persiapan Burung Murai Untuk Perlombaan

Burung murai yang akan digunakan untuk perlombaan harus dipersiapkan secara matang agar mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu diperlukan adanya perawatan, namun sebenaranya perawatan Burung Murai untuk lomba sama halnya dengan perawatan Burung Murai untuk harian seperti biasa. Namun memiliki tujuan yang kebih yaitu agar Burung Murai memiliki stamina yang kuat dan stabil serta mempunyai tingkat birahi yang diinginkan oleh pemiliknya. Kuncinya dalam persiapan perlombaan Burung murai adalah mengenal karakter atau ciri khas dari Burung Murai yang dipelihara.

Berikut ini merupakan pola perawatan untuk persiapan perlombaan Burung Murai Batu yang wajib untuk diterapkan :

  1. H-3 sebelum perlombaan, Burung Murai dapat diberi pakan jangkrik sebanyak 5 ekor saat pagi hari dan 4 ekor saat sore hari
  2. H-2 sebelum perlombaan, Burung Murai harus dijemur dalam waktu maksimal 30 menit
  3. Sebelum 1 jam dimulai lomba, Burung Murai dimandikan terlebih dahu dan diberi makan 4-5 ekor jangkrik beserta ulat hongkong sebanyak 4-7 ekor.
  4. Jika Burung Murai akan turun lomba kembali, diberi pakan jangkrik 2 ekor lagi
  5. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya burung Murai sudah diisolasi sejak H-6 kegiatan perlombaan agar tidak mendengar burung Murai lain berkicau

Selain persiapan perawatan sebelum perlombaan, yang perlu diperhatikan lagi ialah perawatan Burung Murai setelah perlombaan agar stamina Burung Murai kembali stabil dan mengembalikan kondisi fisik burung Murai agar kembali seperti semula, yaitu sebagai berikut :

  1. Mengembalikan porsi EF seperti semula (porsi harian), EF (Extra Fooding) adalah pakan tambahan yang diberikan pada Burung murai seperti jangkring, kroto, cacing, ulat hongkong, orong-orong, belalang dan lain sebagainya. Pemberian EF ini tetap harus disesuaikan dengan karakteristik Burung Murai dan mengetahui dampak pemberian EF pada Burung Murai yang dipelihara.
  2. H+1 setelah perlombaan, memberi multivitaminpada air minum Burung Murai
  3. H+3 setelah perlombaan, Burung Murai Dijemur kembali dalam waktu maksimal 30 menit

 

Untuk Informasi Lebih Lanjut Mengenai Burung Murai Batu dapat Menghubungi kami di :
https://vitaminjawara.com/

Leave A Comment

Your email address will not be published.

Open chat
1
Halo Selamat datang kicaumania!! belum menemukan solusi? chat saya dan bantu saya memahami kebutuhan anda.

Nikmati kemudahan membeli formula sakti saya dengan metode COD (bayar di rumah). Segera balas chat ini...